Facebook Gaming

Monday, May 14, 2012

Aspal Beton ( HOT MIX ASPHALT )


Aspal Beton ( HOT MIX ASPHALT )
Aspal Beton (Hotmix) adalah campuran  agregat kasar, agregat halus, dan bahan pengisi ( Filler ) dengan bahan pengikat aspal dalam kondisi suhu tinggi (panas) dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi teknis.

Campuran aspal panas adalah suatu campuran perkerasan jalan lentur yang terdiri dari agregat kasar, agregat halus, filler, dan bahan pengikat aspal dengan perbandingan-perbandingan tertentu dan dicampurkan dalam kondisi panas. Di Indonesia jenis campuran aspal panas yang lazim digunakan antara lain : Aspal Beton, Hot RoIIed Sheet (HRS), dan Split Mastic Asphalt (SMA). Banyak dilakukan percobaan-percobaan dengan menambahkan bahan tambahan untuk meningkatkan mutu perkerasan. Studi kepustakaan tentang penambahan bahan tambahan memberikan pengaruh terhadap karakteristik masing-masing jenis campuran aspal panas.

Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa setiap bahan tambahan memberikan hasil yang berbeda-beda terhadap nilai stabilitas Marshall, flow, Void In Mix, Void Filled Bitumen dan Marshall Ouotient. Untuk campuran aspal beton bahan tambahan polyetilene dan lateks KKK 20 kadar 2% memberikan hasil yang memenuhi spesifikasi aspal beton (kecuali parameter Marshall Quotient), pada Hot Rolled Sheet bahan tambahan lateks KKK 20, gilsonite dan bahan yang mengandung bahan dasar semen memberikan hasil yang memenuhi seluruh syarat spesifikasi HRS B, dan pada campuran Split Mastic Asphalt aditif Viatop dan Vestoplast memberikan hasil yang memenuhi syarat spesifikasi Split Mastic Asphalt.

Aplikasi Aspal Beton

Aspal Beton (Hotmix) secara luas digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas berat, sedang, ringan, dan lapangan terbang, dalam kondisi segala macam cuaca.




Jenis Aspal Beton
Berdasarkan bahan yang digunakan dan kebutuhan desain konstruksi jalan aspal Beton mempunyai beberapa jenis Antara Lain :
1.        Asphalt Traeted Base ( ATB ) dengan tebal minimum 5 cm digunakan sebagai  lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / Tinggi.
2.        Binder Course ( BC ) dengan tebal minimum 4 cm biasanya digunakan sebagai  lapis kedua sebelum wearing course.
3.        Wearing Course ( AC ) / Laston dengan tebal penggelaran minimum 4 Cm  digunakan sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.
4.        Hot Roller Sheet ( HRS ) / Lataston / laston 3 dengan tebal penggelaran  minimum 3 s/d 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas sedang.
5.        Fine Grade ( FG ) dengan tebal minimum 2,8 cm maks 3 cm bisanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban rendah.
6.        Sand Sheet dengan tebal Maximum 2,8 cm biasanya digunakan untuk jalan perumahan dan  perparkiran.

Kelebihan Aspal Beton ( HOTMIX )
1.        Lapisan konstruksi Aspal beton tidak peka terhadap air, (kedap air )
2.        Dapat dilalui kendaraan setelah pelaksanaan penghamparan .
3.        Mempunyai sifat flexible sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara.
4.        Waktu pekerjaan yang relatif sangat cepat sehingga terciptanya efesiensi waktu.
5.        Stabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan beban lalu lintas tanpa terjadinya deformasi.
6.        Tahan lama terhadap gesekan lalu lintas dan cuaca.
7.        Pemeliharaan yang relative mudah dan murah.
8.        Ekonomis.

11 comments:

  1. menarik untuk dibaca terimakasih atas wawasannya,kebetulan saya juga bekerja dibidang aspal curah lokasi disemarang jawa tengah. jabatan sebagai operator and maintenance diplant storage semarang. terimakasih.
    wasta.cirebon

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaps, terima kasih pak..
      sama2 pak..
      terima kasih untuk kunjungan ke blog saya..

      semoga sukses selalu pak..

      Delete
    2. hai.., saya tertarik dengan informasi anda. nah sekarang saya mendapat penawaran pekerjan aspalt untuk bantalan tanki minyak tapi saya hanya mengerti soal aspal siram biasa untuk jalan semenisasi. masalahnya spek yang diminta adalah aspal hotmix yg menggunakan campuran pasir bukan kerikil 1/2-1 yang biasa dijual perusahaan AMP. Terima kasih atas solusi yang anda berikan.

      Delete
  2. mau tanya kalau kekurangan dari aspal beton apa saja ya ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. Trims sangat membantu utk pkl saya.

    ReplyDelete
  4. pak ardan bisa undang saya

    ReplyDelete
  5. I really like your blog. I really appreciate the good quality content you are posting here for free. I was looking to buy an cold mix asphalt but was looking for all the characteristics. Thanks for sharing all the information with us.

    ReplyDelete
  6. apa perbedaan spesifikasi aspal hot mix dan cold mix, mohon penjelasannya pak

    ReplyDelete
  7. Nice Blog !!!.... I really like your blog. Thanks For Sharing Info.... Coldmix Asphalt Binder that reverses the effects of oxidization in Nz. This is the most cost effective asphalt maintenance preservation system on the road.

    ReplyDelete
  8. Information is too good and very useful, thanks for sharing this wonderful information. Repair Cold Asphalt

    ReplyDelete
  9. Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat

    ReplyDelete