Saturday, October 27, 2012

Sejarah Tentang Jembatan

     Jembatan menjadi salah satu karya penting dalam dunia konstruksi. Bisa dikatakan, salah satu karya konstruksi paling tua adalah jembatan. Menurut catatan icomos.org dan historyworld.net, meski tidak menyebut tahun, jembatan mulai dikenal pada masa prasejarah. Saat itu, jembatan terbuat dari kayu yang disilangkan, kemudian bagian atasnya ditutup ranting-ranting pohon.
     Bukti-bukti peninggalan jembatan era prasejarah ini antara lain ditemukan di India, Cina, Jepang, Kashmir, Afrika, juga Amerika Selatan. Namun, semua jembatan itu tidak disebut angka tahun pembuatannya. 
     Angka tahun pembuatan jembatan mulai terdata pada 206 tahun sebelum masehi. Pada tahun itu dibangun jembatan Panhogiao, atau pendeknya disebut Panho di Cina. Orang yang membangun jembatan ini adalah Jenderal Panceng yang hidup di masa Dinasti Han. Marcopolo mencatat, di kota Kin-sai, Cina terdapat seikitnya 12 ribu jembatan kuno yang terbuat dari kayu. 
     Selain itu, pada 51 tahun sebelum masehi juga terekam adanya pembangunan jembatan. Saat itu terjadi perang besar yang disebut Perang Gallic. Sang Kaisar memerintahkan pasukannya untuk membangun jembatan guna kepentingan perang. Jembatan itu di bangun di daerah Anatolia dan Aegean di sekitar Asia Tengah dan Turki. 
     Jembatan ini melintas tiga sungai besar, yakni Sungai Loire, Seine, dan Sungai Allier. Menurut catatan sejarah, jembatan ini dibangun dengan ketinggian sekitar 200 meter. Selain untuk kepentingan perang, jembatan ini juga untuk lalu lintas migrasi binatang-binatang darat. Saat itu, material yang digunakan untuk membangun jembatan adalah batu. 
     Bangsa Mesopotamia kemudian mulai membuat batu bata. Di era ini, jembatan di istana kaisar dibuat dengan bahan tersebut. Perkembangan konstruksi jembatan disempurnakan lagi oleh bangsa Romawi di awal tahun masehi. Pada era ini, jembatan mulai dibangun dengan bahan-bahan penguat seperti semen, pasir, dan sebagainya. 
      Contoh jembatan yang dibuat di era ini antara lain jembatan Pont du Gard aqueduct yang dibangun di Nimes (Prancis) tahun 14 masehi, Jembatan Alcantara yang dibangun tahun 98 masehi di perbatasan Spanyol dan Portugis, serta Jembatan Segovia. 
     Memasuki awal abad ke-18, manusia sudah mengenal besi. Ilmu konstruksi pun sudah berkembang seiring berkembangnya ilmu-ilmu eksak seperti matematika dan fisika. Di era inilah mulai dibangun jembatan-jembatan modern dengan konstruksi besi. 
      Salah satu jembatan konstruksi besi yang untuk pertama kalinya sukses dibangun adalah karya Thomas Farnolls. Jembatan ini berdiri tahun 1773 dan membentang di atas Sungai Severn di Coalbrookdale, Inggris. Jembatan ini tingginya sekitar 30 meter. Begitu konstruksi besi ditemukan, perkembangan teknologi jembatan berkembang sangat pesat, hingga bisa dibangun banyak jembatan panjang di dunia. Sumber diambil dari : http://www.asalmulane.com/2011/11/jembatan-sudah-dibangun-di-zaman.html

No comments:

Post a Comment