Aspal
Beton ( HOT MIX ASPHALT )
Aspal Beton (Hotmix) adalah
campuran agregat kasar, agregat halus,
dan bahan pengisi ( Filler ) dengan bahan pengikat aspal dalam kondisi suhu
tinggi (panas) dengan komposisi yang diteliti dan diatur oleh spesifikasi
teknis.
Campuran aspal panas adalah suatu campuran
perkerasan jalan lentur yang terdiri dari agregat kasar, agregat halus, filler,
dan bahan pengikat aspal dengan perbandingan-perbandingan tertentu dan
dicampurkan dalam kondisi panas. Di Indonesia jenis campuran aspal panas yang
lazim digunakan antara lain : Aspal Beton, Hot RoIIed Sheet (HRS), dan Split
Mastic Asphalt (SMA). Banyak dilakukan percobaan-percobaan dengan menambahkan
bahan tambahan untuk meningkatkan mutu perkerasan. Studi kepustakaan tentang penambahan
bahan tambahan memberikan pengaruh terhadap karakteristik masing-masing jenis
campuran aspal panas.
Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa setiap bahan
tambahan memberikan hasil yang berbeda-beda terhadap nilai stabilitas Marshall,
flow, Void In Mix, Void Filled Bitumen dan Marshall Ouotient. Untuk campuran
aspal beton bahan tambahan polyetilene dan lateks KKK 20 kadar 2% memberikan
hasil yang memenuhi spesifikasi aspal beton (kecuali parameter Marshall
Quotient), pada Hot Rolled Sheet bahan tambahan lateks KKK 20, gilsonite dan
bahan yang mengandung bahan dasar semen memberikan hasil yang memenuhi seluruh
syarat spesifikasi HRS B, dan pada campuran Split Mastic Asphalt aditif Viatop
dan Vestoplast memberikan hasil yang memenuhi syarat spesifikasi Split Mastic
Asphalt.
Aplikasi Aspal
Beton
Aspal Beton (Hotmix) secara luas
digunakan sebagai lapisan permukaan konstruksi jalan dengan lalu lintas berat,
sedang, ringan, dan lapangan terbang, dalam kondisi segala macam cuaca.
Jenis Aspal Beton
Berdasarkan bahan yang digunakan dan
kebutuhan desain konstruksi jalan aspal Beton mempunyai beberapa jenis Antara
Lain :
1.
Asphalt Traeted Base ( ATB )
dengan tebal minimum 5 cm digunakan sebagai
lapis pondasi atas konstruksi jalan dengan lalu lintas berat / Tinggi.
2.
Binder Course ( BC ) dengan tebal
minimum 4 cm biasanya digunakan sebagai
lapis kedua sebelum wearing course.
3.
Wearing Course ( AC ) / Laston dengan
tebal penggelaran minimum 4 Cm digunakan
sebagai lapis permukaan jalan dengan lalu lintas berat.
4.
Hot Roller Sheet ( HRS ) /
Lataston / laston 3 dengan tebal penggelaran
minimum 3 s/d 4 cm digunakan sebagai lapis permukaan konstruksi jalan dengan
lalu lintas sedang.
5.
Fine Grade ( FG ) dengan tebal
minimum 2,8 cm maks 3 cm bisanya digunakan untuk jalan perumahan dengan beban
rendah.
6.
Sand Sheet dengan tebal Maximum
2,8 cm biasanya digunakan untuk jalan perumahan dan perparkiran.
Kelebihan Aspal Beton (
HOTMIX )
1.
Lapisan konstruksi Aspal
beton tidak peka terhadap air, (kedap air )
2.
Dapat dilalui kendaraan setelah
pelaksanaan penghamparan .
3.
Mempunyai sifat flexible
sehingga mempunyai kenyamanan bagi pengendara.
4.
Waktu pekerjaan yang relatif
sangat cepat sehingga terciptanya efesiensi waktu.
5.
Stabilitas yang tinggi
sehingga dapat menahan beban lalu lintas tanpa terjadinya deformasi.
6.
Tahan lama terhadap gesekan
lalu lintas dan cuaca.
7.
Pemeliharaan yang relative
mudah dan murah.
8.
Ekonomis.
menarik untuk dibaca terimakasih atas wawasannya,kebetulan saya juga bekerja dibidang aspal curah lokasi disemarang jawa tengah. jabatan sebagai operator and maintenance diplant storage semarang. terimakasih.
ReplyDeletewasta.cirebon
yaps, terima kasih pak..
Deletesama2 pak..
terima kasih untuk kunjungan ke blog saya..
semoga sukses selalu pak..
hai.., saya tertarik dengan informasi anda. nah sekarang saya mendapat penawaran pekerjan aspalt untuk bantalan tanki minyak tapi saya hanya mengerti soal aspal siram biasa untuk jalan semenisasi. masalahnya spek yang diminta adalah aspal hotmix yg menggunakan campuran pasir bukan kerikil 1/2-1 yang biasa dijual perusahaan AMP. Terima kasih atas solusi yang anda berikan.
Deletemau tanya kalau kekurangan dari aspal beton apa saja ya ?
ReplyDeleteterima kasih
Trims sangat membantu utk pkl saya.
ReplyDeletepak ardan bisa undang saya
ReplyDeleteI really like your blog. I really appreciate the good quality content you are posting here for free. I was looking to buy an cold mix asphalt but was looking for all the characteristics. Thanks for sharing all the information with us.
ReplyDeleteapa perbedaan spesifikasi aspal hot mix dan cold mix, mohon penjelasannya pak
ReplyDeleteNice Blog !!!.... I really like your blog. Thanks For Sharing Info.... Coldmix Asphalt Binder that reverses the effects of oxidization in Nz. This is the most cost effective asphalt maintenance preservation system on the road.
ReplyDeleteInformation is too good and very useful, thanks for sharing this wonderful information. Repair Cold Asphalt
ReplyDeleteTerimakasih informasinya, semoga bermanfaat
ReplyDelete